HOME
PROFILE
EVENT
ARTICLE
PARTNERS
GALLERY
CARRIER
EMAIL

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.162.96.196
Pengunjung : 210.607






Komentar Terbaru :




Newsflash :
PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMP : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMA : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SMA STELLA DUCE 2) & LIDWINA AYKE WINAHYU (SMA STELLA DUCE 1) YG MENDAPAT KESEMPATAN MENEMPUH PENDIDIKAN SELAMA 1 TAHUN DI HYOGO KEN HARIMA, JEPANG             |             PROFICIAT UTK KORPS PUTRI TARAKANITA YG MENJADI JUARA FAVORIT DAN JUARA III FRONT ENSEMBLE DLM GRAND PRIX MARCHING BAND (GPMB) 2016             |             SMA TARAKANITA GADING SERPONG TGR MERAIH JUARA 1 OLIMPIADE SOSIOLOGI TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA             |             PROFICIAT UTK REYNARD ARDIAN SIMANJUNTAK (SMP STELLA DUCE 1,YK) YG MERAIH JUARA 1 TINGKAT NASIONAL DLM LOMBA INDONESIA ROBOTIK OLIMPIADE DI SURABAYA             |             PROFICIAT UTK SMP ST.CAROLUS SBY ATAS PRESTASI WILLIAM SETIADJI YG MERAIH 'JUARA II' & RAYMOND VALENTINO YG MERAIH 'JUARA I DAN BEST EXPERIMENT' DLM INDONESIA SCIENCE AND MATHEMATICS OLYMPIAD CHALLENGE 2016 TINGKAT NASIONAL             |             PROFICIAT UTK SMP TAR 1 JKT YG MERAIH 'JUARA I GITAR SOLO' DLM FLS2N TINGKAT PROVINSI DKI             |             PROFICIAT KPD CLARISSA FELICIA (KELAS XII MIPA4 SMA STELLA DUCE I,YK) YG MERAIH JUARA II OLIMPIADE BIOLOGI TINGKAT NASIONAL DI YOGYAKARTA             |             PROFICIAT UTK VOCAL GROUP : SMP TARAKANITA 4 (JUARA I), SMP TARAKANITA 3 (JUARA II), SMP TARAKANITA 5 (JUARA III) DALAM FLS2N TINGKAT PROVINSI DKI JAKARTA

Berita Kegiatan :



PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH PESERTA DIDIK BARU DI TARAKANITA

Rabu; 19 July 2017 [BY. Winugroho Heri, TARAKANITA JAWA TENGAH] - Berita Umum

Senin, 17 Juli 2017 merupakan hari pertama masuk sekolah untuk peserta didik pra sekolah (KB/TK), pendidikan dasar dan menengah di seluruh pelosok Tanah Air baik sekolah Negeri maupun Swasta sesuai Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2017/2018. Khususnya Peserta Didik Baru yang memulai mengalami inisiasi dengan mengikuti proses penyesuaian diri di lingkungan dan dinamika kegiatan di sekolah yang baru. Secara umum proses inisiasi dikemas dalam Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru (PLSPDB).

Berdasarkan Pedoman yang diterbitkan oleh Divisi Pendidikan Kantor Wilayah Jawa Tengah Yayasan Tarakanita, penyelenggaraan PLSPDB berdasarkan prinsip: Edukatif dalam pengenalan terhadap visi-misi sekolah, program sekolah, cara belajar, tata tertib, kegiatan ekstrakurikuler, kultur/pembiasaan. Di samping itu kegiatan PLSPDB diselenggarakan dengan murah, mudah, masal, dan meriah sesuai dengan jenjang pendidikan yang ada (KB/TK. SD, SMP, SMA/SMK). Secara umum masing-masing sekolah melaksanakan PLSPDB secara fleksibel untuk menyesuaikan dengan situasi dan kondisi lingkungan sekolah serta ciri khasnya masing-masing. PLSPDB juga diselenggarakan secara masal karena melibatkan seluruh komponen lingkungan sekolah: Peserta Didik Baru, Peserta Didik (Lama) pada tingkat di atasnya, Guru dan karyawan non edukatif, Para Struktural, dan juga Orangtua peserta didik. Untuk beberapa sekolah dalam satu komplek juga ada kegiatan bersama lintas jenjang  dengan materi PLSPDB yang sesuai.

Untuk mendukung kelancaran PLSPDB tentu didukung oleh pihak-pihak yang terkait meliputi kepanitiaan, keterlibatan kakak kelas/pengurus OSIS (jenjang SMP dan SMA/K), kesiapan sarana dan prasarana, serta suport atau dukungan dari orangtua peserta didik itu sendiri. Terutama mengemas materi kegiatan berdasarkan prinsip-prinsip di atas yang meliputi: Wawasan Wiyata Mandala, Kesadaran berbangsa dan bernegara, Visi – Misi Yayasan Tarakanita, Spiritualitas Bunda Elisabeth dan St. Carolus Borromeus, Pendidikan Karakter Tarakanita (PKT), 5R, 7 Gerakan Pembiasaan Berwawasan PKT, Tata Krama/Budi Pekerti, Kurikulum, Bina Iman/Mental, serta tentang 5 (lima) hari Sekolah. Di samping itu ada materi penunjang yang terintegrasi dalam materi pokok misalnya: Olah Raga, Seni, Kepemimpinan, Bhakti Sosial/bersih lingkungan, Tata Upacara Bendera, PBB. Semuanya dikemas dengan mudah dan menyenangkan tanpa ada kekerasan/perploncoan. Sehingga tercipta situasi lingkungan sekolah yang aman, nyaman dan kondusif untuk proses pembelajaran. Demikian yang disampaikan oleh salah seorang Kepala Sekolah.

PLSPDB sesuai dengan pedoman akan berlangsung selama 3 hari, yaitu sampai hari Rabu 19 Juli 2017. Namun tidak menutup kemungkinan masih ada kegiatan lanjutan di hari berikutnya, misalnya diselenggarakan Pentas seni maupun Perayaan Ekaristi Awal Tahun Pelajaran.





Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :